https://palontaraq.id/2019/04/03/mengenal-kitab-irsyadul-ibad-dan-pengarangnya/

Hai sobat santri semua ? gimana kabar akhir pekan kalian pasti menyengankan ?. pada kesempatan kali ini mimin akan menjelaskan tentang sesuatu yang sangat penting sekali. Kaitannya tentang kehidupan kita supaya bahagia dan tenang tidak ada keraguan.

Banyak sekali cerita-cerita aneh di zaman dulu. Seperti orang yang banyak maksiat akhirnya masuk surga dan orang yang senantiasa ibadah malah meninggalnya su’ul khotimah atau jelek. Lalu bagaimanakah kita menyikapinya ? apakah kita tidak usah beribadah sekalian, karena siapa tau kita  meninggalnya khusnul khotimah atau baik.

Ada juga pribasa arab mengatakan “الانسان بالتفكير و الله بالتقدير “. Kalau gitu sia-sia dong usaha kita kalau nantinya alloh mentakdirkan lain ? yang pasti jangan sampai kita menyalahkan keadaan, apalagi sampai menyalahkan alloh.

Jadi jawabannya ada di kitab Irsyadul Ibad karya Syekh Zainuddin Bin Abdul Aziz Ibnu Zainuddin Al Malibari. Di sana di terangkan bahwa allah menutupi tiga hal dalam tiga perkara. Apa saja sihh ?

ان الله ستر ثلاثا فى ثلاث :

  1. ستر رضاه فى طاعته فلا يحقرن احدكم من الطاعة شيىىا فرب محتقر من الطاعة فيه رضا الله
     Alloh menutupi ridhonya dalam ketaatan seorang hamba, maka kamu semua jangan meremehkan ketaatan kecil. Siapa tau di situ ada ridho alloh.
  2. ستر غضبه في معصيته فلا يحقرن احدكم شيىىا من المعصيته فرب محتقرمن المعصيته فيه غضب الله
    Alloh menutupi kemarahanya dalam maksiat seorang hamba, maka kamu semua jangan meremehkan maksiat kecil. Siapa tau bersamaan dengan murka alloh.
  3. ستر وليه في خلقه فلا يحقرن احدكم احدا من خلق الله فرب من لا يؤبه له وهو ولي الله
    Alloh menutupi walinya dalam makhluknya, maka kamu semua jangan meremehkan salah satu dari ciptaan alloh. Siapa tau orang yang tidsk diperhatikan atau disepelekan itu adalah waliyulloh.

Lalu tugas kita apa ?

  1. Kita senantiasa mencari ridho alloh sambil meneteskan air mata.
  2. Amal ibadah jadikan sebagai wasilah atau perantara.
  3. Perbanyak taubat kepada alloh, maka kamu akan memandang dunia indah.

https://www.galerikitabkuning.com/2021/03/biografi-syekh-zainuddin-al-malibari.html

Biografi Syekh Zainuddin Al Malibari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.