Santri Pondok Pesantren Al Anwari menyelenggarakan salah satu ekstrakurikulernya yakni Ekstrakurikuler “Batsul Masail” pada tiap sabtu malam Ahad (1 2/09/2020) 21.30-22.30 WIB. Ekstra ini diketuai oleh Dwi Rifan Nurani, santri senior yang berasal dari Desa segobang Kec.Licin dan Kegiatan ini biasanya dilakukan di pondok-pondok pesantren.

Kegiatan ini terbagi menjadi dua kelompok antara kelompok A dan kelompok B, terdiri atas Moderator, Pemateri , Notulis dan Peserta batsul tersebut. Kegiatan itu diawali dengan pembacaan materi oleh pemateri lalu moderator membuka pertanyaan dan pertanyaan tersebut ditampung dan ditulis oleh notulis, lalu sang pemateri menjawab pertanyaannya dan Apabila jawaban dari sang pemateri kurang maka Sang moderator mempersilahkan para peserta untuk ikut serta menjawabnya sampai Perdebatan tak terhindarkan.

“Harapan saya sebelum era pandemi itu sebenarnya banyak di batsul masail ini yah gimana lagi kita sekarang di era pandemi covid-1 9, jadi saya sangat mengharapkan batsul masail di era pandemi menjadi sarana belajar sebelum mereka merasakan penyesalan di kemudian hari” Ujar Cak Dwi sapaan akrabnya. Dalam batsul masail kita bisa belajar untuk berpendapat dan menyanggah argumentasi yang kurang benar bahkan salah, disitulah titik keseruan dalam batsul masail. Saling lempar argumentasi itulah Intinya tapi mereka di situ berargumentasi berdasarkan dasar yang kuat
yang terdapat dalam kitab kuning, bukan sembarangan berargumen. “Adapun tujuan batsul masail ini adalah untuk menumbuhkan rasa semangat belajar, meningkatkan wawasan dan pengetahuan” ujar cak Dwi. Kegiatan ini juga mematuhi protokol kesehatan yakni melaksanakan kegiatannya dengan waktu yang optimal dan teratur. (amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.